top of page

Mengenal Website Design Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Apa sih yang dimaksud dengan website design? Bagi Anda yang hendak menjajal dunia bisnis online. Keberadaan web design tentunya menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan tampilan yang dimilikinya. Dengan tampilan website profesional yang Anda miliki, maka semakin meningkat pula trafik bisnis online yang Anda lakukan.

Bagi Anda yang masih belum paham menganai web design, simaklah uraian penjelasannya berikut ini.

Apa sih yang dimaksud dengan website design?


Web design atau desain web dikenal sebagai setiap hal yang berkaitan dengan tampilan web. Hal tersebut bahkan termasuk pada bagian perencanaan, pembuatan elemen, struktur tata letak, penggunaan gambar, font, warna dan semua bagian lain yang terdapat di dalamnya.


Desain web juga dinyatakan sebagai kumpulan dari komponen-komponen yang tentunya saling terkait dan mendukung antara satu dengan lainnya. Karena itulah dalam penggunaannya pun keberadaannya dapat menjadikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengguna.


Berbicara mengenai elemen, web desain juga dilengkapi dengan desain antar muka, desain untuk pengalaman pengguna, SEO hingga pembuatan konten yang terdapat di dalamnya pun harus diperhatikan dengan lebih baik. Beragam jenis elemen yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, tentunya akan mempengaruhi bagaimana tampilan website tersebut akan terlihat, dapat dirasakan oleh pengguna ketika membukanya dan juga berkaitan dengan cara kerja yang dimilikinya.


website design

Dalam kehadirannya, web desain seringkali dibuat oleh orang yang sama dengan mereka yang melakukan pengembangan web atau bahkan UX. Meski demikian, keberadaan web desain dengan beberapa bagian tersebut jelas berbeda, namun tetap berada pada rangkaian yang sama. Hal ini berkaitan dengan proses pembuatan web yang tentunya membutuhkan keberadaan web desain dengan beberapa bagian yang telah disebutkan di bagian atas tadi.


Jika dilihat dari sistem penerapannya. Web desain merupakan bentuk penggambaran atau hasil dari ide yang Anda miliki dan kemudian dibuat dalam bentuk mock up. Dengan kata lain, keberadaannya dapat menunjukkan seperti apa tampilan website yang Anda buat nantinya. Karena itulah web design seringkali dinyatakan sebagai proses kreatif yang menghadirkan ide menjadi rancangan sempurna dan dapat terlihat dengan mudah.



Pentingnya website design


Banyak orang yang bertanya mengapa web design itu penting? Hal ini berkaitan dengan bentuk visual dari website yang tentunya memegang peranan penting untuk mempengaruhi para pengunjungnya. Pasalnya ketika pengunjung merasa nyaman dengan tampilan website yang dikunjunginya, maka ia pun akan betah untuk berlama-lama di dalamnya.


Berbeda halnya jika website yang dikunjungi memiliki tampilan yang tidak sedap dipandang atau bahkan sulit untuk dioperasikan. Tentunya para pengunjung pun akan langsung pergi meninggalkannya. Karena selain membuat para pengunjung merasa pusing, tentunya mereka pun akan mencari opsi atau pilihan lain yang memiliki tampilan web design lebih baik dan dapat digunakan dengan mudah olehnya.


Faktor yang mempengaruhi tampilan website design

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi tampilan website design agar terlihat dengan lebih baik. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya :

  1. Design Responsif

  2. Font dengan ukuran yang tepat

  3. Konten atau Gambar yang Relevan

  4. Keseimbangan antara jumlah teks dan gambar

  5. Pilihan desain yang tepat

1. Desain responsif

Desain responsif adalah jenis desain website yang dapat berubah sesuai dengan tampilan layar pengguna. Seperti halnya ukuran website pada layar komputer yang tentunya berbeda dengan ukuran tampilan web pada layar smartphone. Dengan desain responsif, tentunya para pengguna pun dapat melihat situs web tersebut dengan lebih mudah pada beragam media yang digunakannya. Baik itu media komputer / laptop atau bahkan media smartphone yang seringkali Anda bawa dan gunakan.


website responsive

2. Font dengan ukuran yang tepat

Bagian selanjutnya yang juga mempengaruhi tampilan website design adalah penggunaan font dengan ukuran yang tepat. Dalam hal ini, pastikan Anda menggunakan font dengan mengikuti hirarki dari pembatasan terbatas yang dimilikinya.


3. Konten atau gambar yang relevan

Konten seringkali hadir dalam bentuk gambar atau bahkan video. Bagi Anda yang ingin memberikan tampilan website design terbaik. Pastikan untuk menggunakan konten atau pun gambar yang relevan dan saling berkaitan dengan hal yang tengah Anda bahas. Dengan demikian keberedaan situs tersebut pun dapat menarik perhatian orang dengan lebih mudah.


4. Keseimbangan antara jumlah teks dan gambar

Hal lainnya yang juga harus Anda perhatikan adalah tingkat keseimbangan antara teks dengan gambar yang terdapat di dalamnya. Pasalnya jika Anda hanya menampilkan salah satu bagian saja dengan porsi yang lebih besar, maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan menarik perhatian pengunjung secara berlebih atau justru sebaliknya.


5. Pilihan desain yang tepat


Faktor terakhir yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah pemilihan desain web yang hendak Anda gunakan. Dalam hal ini pastikan untuk memilih desain yang tepat dan sesuai dengan fungsi serta kegunaannya. Dengan demikian, bisnis onlien yang Anda lakukan melalui situs dengan web design tersebut pun dapat menarik pelanggan dengan lebih mudah.


Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai website design dan juga beragam informasi dasar yang berkaitan dengannya.


Bila anda ingin membuat website, anda dapat menghubungi tim Grow and Bless, dan kami akan membantu anda membuat website yang sesuai dengan nilai bisnis anda. Seperti beberapa contoh Client Case kami: PT Mitra Jaya Sarana, CV Ashe Forklift, Nutaste Cake, Thenmukfun dan Yayasan Kebun Anggur.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page